BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bahasa selalu menjadi hal mendasar bagi suatu individu untuk berkomunasi
dengan individu lain, tanpa bahasa yang sama sama di mengerti maka tidak akan
terjadi komunikasi yang lancar.
Di era globalisasi seperti saat ini sangat mudah bagi
seseorang untuk berkomunikasi dengan orang di belahan dunia lain, bertukar
informasi, ilmu, kebudayaan, bahkan bertukar pola pikir sekalipun tak mustahil
pafa saat ini, semua ini di dukung oleh kemajuan technologi di dunia yang
sangat pesat. Tentunya untuk mendapatkan semua akses tersebut dibutuhkan sebuah
bahasa resmi yang menjadi acuan dalam bertukar informasi tersebut.
Hingga saat ini Perserikatan Bangsa Bangsa ( PBB )
yang merupakan forum negara-negara di dunia telah menetapkan 6 bahasa resmi
yang dapat digunakan dalam komunikasi tingkat internasional atau komunikasi
antar bangsa, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa
Prancis ,Bahasa Rusia dan Bahasa Spanyol (Forster, Peter (1982). The
Esperanto Movement. Mouton. ISBN 978-90-279-3399-7 and Burkman, Thomas W (1995). "Japan and the League of Nations: an Asian power
encounters the European Club". World Affairs 158
(1): 45–57.) Namun dari ke empat bahasa internasional yang telah
disahkan tersebut hanya bahasa inggris yang memiliki dua buah versi baik dalam
penulisan maupun dalam pengucapan. Kedua versi tersebut ialah Inggrish British
yang hanya berkembang di daerah inggris (Britania Raya) dan daerah
persemakmurannya seperti Malaisia dan Australia, dan versi yang kedua ialah
Inggris Amrika yang digunakan sebagai bahasa internasional.
Perbedaan diantara kedua tata bahasa inilah yang
menimbulkan penafsiran ganda bagi beberapa orang yang baru mengenal bahasa
inggris, karena kedua bahasa ini juga punya kamus masing masing. Namun
sejatinya dalam berkomunikasi dengan masyarakat internasional bahasa yang kita
gunakan adalah Inggris Amerika.
B. Tujuan
Penulisan
Karya
ilmiah ini di susun dengan tujuan :
1. Memahami asal
usul bahasa Inggris British dan asal usul bahasa Inggris Amerika
2. Memahami
perbedaan antara bahasa Inggrish British dan Inggris Amerika
3. Sebagai tugas
individu sebelum penerimaan nomor ujian akhir Madrasah Aliah Darul Funun
C. Manfaat
Penulisan
a. Bagi Tenaga
Pendidik
Bagi tenaga
pendidik karya tulis ini dapat di jadika sebagai interview guna mengurangi
tingkat kesalahan dalam menyampaikan materi pelajaran terutama bagi peserta
didik yang tergolng pemula karna akan sangat sulit memperbaiki jika telah terlanjur
salah.
b. Bagi Peserta
Didik
Manfaat bagi
siswa adalah agar siswa tahu dan mengerti bagai mana mperbedaan antara bahasa
inggris British dan bahasa inggris amerika.Sehingga dapat menimbulkan pemahaman
dalam diri mereka untuk tidak lagi menyamakan antara bahasa inggris British dan
inggris Amerika. Para remaja juga dapat menjadikan karya tulis ini sebagai
perbandingan terhadap apa yang telah mereka pahami tentang bahasa inggris
selama ini?
Selain itu
para remaja juga dapat menjadikan karya tulis ini untuk acuan dalam bebahasa,
dan para remaja dapat segera menaggulangi jika terdapat kesalahan dalam mereka
memahami bahasa inggris.
c. Bagi sekolah
Karya tulis
ini sangat penting bagi sekolah karena dengan adanya program penulisan karaya
ilmiah ini maka dengan sendirinya akan menaikkan level sekolah kepada sekolah
yang bermutu tinggi yang telah
memperhatikan kesiapan siswanya dalam menyambut pendidikan di tingkat perguruan
tinggi.