Analisis
Kompetensi Inti (KI) Dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013
SMA Dan SMK
Secara keseluruhan Terdapat banyak perbedaan pada
kompetensi Inti dan kompetensi dasar SMA dan SMK pada kurikulum 2013 dari
jumlah materi yang di pelajari, urutan pembahasan materi juga ISI KI dan KD.
Materi fisika yang diajarkan di SMA berjumlah 59 pembahasan yang di pelajari di
kelas X,XI dan XII sedangkan di SMK 56 pembahasan Materi yang akan dipelajari
di kelas X, dan XI.
Pada
kompetensi Inti dan kompetensi Dasar di
SMA dan SMK terdapat banyak perbedaan. Di SMA kompetensi siswa yang di harapkan
lebih menunjukan kearah teoritis dan ilmiah untuk memecahakan masalah. sedangkan
di SMK kompetensi yang di miliki siswa dari hasil belajar Fisika lebih di
terapkan langsung kepada bidang kerja secara spesifik.
Pada
kompetensi dasar SMA dan SMK terdapat perbedaan urutan dan tujuan
pembelajaran seperti pada kompetensi
dasar KI 3 materi fisika
contoh: Pada pembahasan gerak lurus
KD SMA:
Menganalisis
besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus
dengan percepatan konstan
KD SMK :
Kompetensi Inti 1 dan 2 pada setiap tingkatan kelas
di SMA dan SMK memiliki isi yang sama. Sedangkan pada kompetensi 3 dan 4 antara
SMA dan SMK memiliki perbedaan isi.
Kompetensi Inti (KI) 3
Berisikan berisikan Kompetensi pemahaman secara teoritis atau pemahaman
afektif siswa
SMA : Selain
harus memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan (konseptual,faktua ldan
prosedural) siswa dituntut juga untuk
bisa menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang yang spesifik tetapi sesuai
minat dan bakat siswa dan penerapan pengetahuan tersebut bermanfaat untuk
memecahkan suatu masalah.
SMK : Siswa di tuntut untuk memahami, menerapkan
dan menganalisis pengetahuan yang terjadi pada bidang kerja yang bermanfaat untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar
SMA : Kompetensi
dasar disini siswa di harapkan untuk memahami, menganalisis dan menerapkan
materi-materi fisika tetapi siswa lebih
banyak dituntut untuk mengaanalisis materi
SMK : Kompetensi
dasar disini siswa di harapkan untuk memahami, menganalisi, dan menerapkan materi-materi fisika. Tetapi siswa lebih
banyak dituntut untuk menerapkan materi.
Kompetensi Inti
(KI) 4
Berisikan kompetensi pemahaman untuk penerapan dari
kompetensi Inti 1 sampai 3 yang melibatkan kompetensi afektif, psikomotor
SMA : Siswa di harapkan untuk menerapkan seperti
mengolah, menalar dan menyaji materi baik secara konkret maupun abstrak dari
hasil pengetahuan yang di pelajari di sekolah dan dalam penerapan pengetahuan
tersebut siswa diharapkan mampu menggunakan metida yang sesuai dengan kaidah
keilmuan
SMK : Siswa
di harapkan untuk menerapkan seperti mengolah, menalar dan menyaji materi baik
secara konkret maupun abstrak dari hasil pengetahuan yang di pelajari di
sekolah dan siswa dapat menerapkannya langsung dalam bentuk tugas yang spesifik
dibawah pengawasan.
Kompetensi Dasar (KD) 4
SMA : Siswa di harapkan untuk bisa merencanakan Praktikum
atau penelitian lalu mengolah data hasil penelitian dan menyajikan hasil
penelitian atau praktikum
SMK : Siswa
diharapkan untuk bisa merencanakan penbelitian atau praktikum,memecahkan
masalah pada suatu pembahasan materi dan menyajikan hasil pembahasan.
No comments:
Post a Comment