Friday 2 November 2018

Termometer



   Termometer
Oleh : Rizki Zakwandi, dkk
    Pengertian 
   Termometer adalah alat ukur berskala yang dapat di gunakan untuk mengukur suhu (temperatur) ataupun perubahan suhu dalam satuan Celsius, Reamur, Kelvin, dan Farenheit. Pada dasarnya, termometer terbuat dari tabung kaca yang didalamnya diisi zat cair termometrik. Istilah termometer berasal dari bahasa latin yaitu termo yag berarti panas dan meter yang berarti mengukur.
     Fungsi
Umum : Berfungsi untuk mengukur suhu (temperatur), dan juga untuk mengukur perubahan suhu.
Berdasarkan jenisnya
1)      Termometer Ruangan : Termometer ini berfungsi untuk mengukur suhu pada sebuah ruangan.
2)      Termometer klinis : digunakan para dokter dan perawat untuk mengukur suhu tubuh manusia.
3)      Termometer Inframerah : digunakan untuk mengukur suhu benda yang sangat panas. benda yang bergerak cepat, atau benda yang tidak boleh disentuh karena berbahaya. Termometer inframerah bisa juga disebut termometer laser.
4)      Termometer optik : Termometer optik biasa disebut juga pyrometer yang biasanya digunakan mengukur suhu yang sangat tinggi (di atas 1000°C).
5)      Termometer Sensor Ganda : dirancang untuk penggunaan profesional karena mereka menyediakan pembacaan ganda lingkungan yang dapat tetap stabil untuk jangka waktu yang lama. Pembaca utama termometer ini dapat dipasang ke meja atau dinding dan penelitian dapat dimasukkan ke dalam berbagai lingkungan untuk pembacaan.
 
    Bagian-bagian Alat
1)      Pipa Kapiler : sebagai jalan cairan naik.
2)      Tangkai kaca :  untuk mempermudah pembacaan skala termometer. Dibuat tebal agar pengukuran tidak terlalu terpengaruhi oleh suhu sekitar
3)      Ruang pengaman : agar tidak ada cairan yang naik
4)      Ruang hampa udara : agar tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan
5)      Skala termometer : untuk melihat suhu yang sedang diukur
6)      Pentolan atau tandon (reservoir) dengan dinding tipis.
7)      Air raksa atau alkohol tergantung jenis zat termometrik yang digunakan
      Cara Kerja Termometer
Termometer bekerja berdasarkkan prinsip pemuaian. Zat cair yang terdapat didalam thermometer berfungsi sebagai sensor panas yang terjadi. Pada saat tendon (tempat zat cair) berinteraksi dengan lingkungan maka akan menyebabkan zat cair di dalamnya untuk memuai (mengembang) untuk menyesuaikan dengan kondisi sekitar. Akibat pengembangan, tersebut zat cair akan masuk kedalam celah kapiler dari thermometer dan akan berhenti memuai jika suhu cairan di dalam thermometer sudah sama dengan suhu lingkungan (yang berinteraksi).
     Konsep dasar Fisika pada Termometer
Pada thermometer bekerja beberapa konsep fisika yang salaing berhubungan. Semua konsep tersebut terdapat dalam pembahasan termodinamika. Konsep konsep yang bekerja dalam thermometer diantaranya :
1.      Reaksi Endoterm
Pada thermometer, yang pertama sekali terjadi adalah reaksi endoterem. Reaksi endoterm adalah reaksi yang menggambarkan bagaimana kalor berpindah dari lingkungan ke system. Dalam hal ini yang menjadi lingkungan adalah objek yang diukur dan sistemnya adalah thermometer itu sendiri.
2.      Asas black
Asas black menjelaskan bahwa Qlepas=Qterima. Artinya kalor yang dilepaskan dari lingkungan dengan kalor yang diterima system yang akhirnya menyebabkan kondisi termal (setimbang) antara system dan lingkungan.
3.      Pemuaian
Pemuaian artinya pertambahan volume dari suatu zat akibat pemanasan (kalor). Pada thermometer yang mengalami pemuaian adalah zat cait yang terdapat didalam thermometer. Untuk zat cair itu sendiri harus yang bersifat termometrik, artinya mengalami peruahan fisis saat dipanaskan atau didinginkan. Sebagai sumber panas untuk memuai adalah Qserap dari lingkungan.
      Cara Merawat Termometer
1.      Termometer harus dikontrol pada saat pertama beroperasi dan sesudah digunakan paling sedikit satu kali pertahun dengan menggunakan thermometer terkalibrasi.
2.      Memegang termometer dengan tangan kiri dan ambil tissu kemudian basahi dengan air sabun.
3.      Lap termometer memakai tissu tersebut dengan gerakan memutar dari atas ke arah reservoir
4.      Sensor temperature harus dibersihkan dengan solvent (pelarut) dan dibersihkan dengan air bebas mineral (aquades) setelah digunakan
5.      Menurunkan air raksa dan menyimpan termometer di tempatnya
      Aplikasi
1.      Thermometer Free
Aplikasi android untuk mengukur suhu yang satu ini bisa Anda coba dan gunakan untuk mengetahui suhu udara baik di dalam ruangan maupun suhu diluar. Tampilan klasik yang sederhana menjadikan aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, untuk mengetahui suhu ruangan atau kamar pastikan Anda menaruh smartphone Anda selama mungkin karena secara logika, saya belum mendangar teknologi smartphone yang sudah menerapkan sensor khusus yang dapat mengetahui keakuratan udara di sekitar. Jadi intinya, suhu dari tablet atau smartphone Andalah yang akan menjadi acuan untuk menampilkan suhu udara yang diserap dari ruangan Anda saat aplikasi ini digunakan. Anda bisa mengaturnya untuk menampilkan celsius atau fahrenheit dan mengganti background dari aplikasi ini, selain itu anda bisa menggunakannya secara offline khusus untuk mengetahui suhu di dalam ruangan. Anda juga dapat mendapatkan aplikasi pengukur suhu ruangan untuk android ini di google play store secara gratis.

2.      Smart Thermometer
Aplikasi pengukur suhu udara android gratis ini banyak mendapat review positif dari para penggunanya. Tampilan desain yang elegan dan sederhana serta memiliki tampilan HD. Fungsi utama yang ingin Anda dapatkan adalah keakuratan pengukuran suhu udara, maka aplikasi ini akan memberikannya baik untuk suhu didalam ruangan maupun suhu diluar ruangan. Jangan gunakan tablet atau samrtphone Anda selama beberapa waktu baik untuk chat atau telpon setelah itu buka aplikasi tersebut dan diamkan untuk menampilkan temperatur udara dikamar atau ruanga anda. Tampilan background akan berubah warna untuk menyesuaikan dingin atau hangatnya suhu saat ini.

3.      Thermometer
Aplikasi ini memiliki nama yang simpel sesuai dengan nama alat aslinya, yakni Thermometer. Ia memiliki beberapa fitur termasuk untuk menampilkan suhu baik indoor maupun outdoor dalam skala Celsius dan Fahrenheit. Yang membuatnya menarik adalah tampilannya yang menyerupai thermometer asli. Plus, ada pilihan 6 background untuk kustomisasi.

4.      Withings Termo
Alat praktis itu diberi label Withings Thermo. Selama masa pembacaan singkat, alat ini mampu membaca 4.000 kali dan menghasilkan informasi akurat. Dengan mengandalkan 16 sensor infra merah, Withings Thermo mulai bekerja setelah ditempelkan ke titik arteri utama kepala di dahi. Withings menamakan sistem pembacaan cepat ini dengan sebutan teknologi HotSpot Sensor. Bentuk alat ini seperti kapsul sepanjang 12 cm. Untuk sumber tenaga, termometer ini menggunakan baterai umum tipe AAA. Thermo juga bisa berjalan menggunakan WiFi dan Bluetooth untuk menjalankan fitur sinkronisasi melalui aplikasi khusus di smartphone. Aplikasi itu akan merekam setiap pembacaan sehingga bisa digunakan pengguna sebagai referensi jika ingin menindaklanjuti secara medis.


5.      Termometer Digital
Termometer digital merupakan alat ukur suhu yang dibuat khusus dalam bentuk digital, dimana ia mampu memberikan tingkat akurasi yang tinggi dalam menyatakan besaran suhu pada suatu benda, ruang, maupun zat. Termometer digital termasuk ke dalam jenis termometer, yakni alat yang digunakan untuk mengukur jumlah suhu suatu benda atau tubuh. Termometer digital prinsip kerjanya digital dan tidak manual, lebih akurat dan lebih canggih. Termometer digital tersebut biasanya memakai termokopel sebagai sensornya. Sensor tersebut berguna untuk membaca perubahan nilai tahanan. Termometer digital yang banyak dijumpai di pasaran, biasanya mengusung beberapa komponen utama, di antaranya adalah alat sensor berupa termokopel, kemudian komparator, analog, display, dan decorder display. Secara sederhana termokopel tersebut berupa dua buah kabel yang dibuat dari jenis logam yang berbeda ujungnya, bagian ujungnya saja disatukan atau dilas. Titik penyatuan tersebut disebut dengan hot junction. Prinsip kerjanya dengan memanfaatkan bentuk karakteristik hubungan antara tegangan atau voltase dengan temperatur. Tidak seperti alat ukur suhu jenis lain, jenis yang satu ini mampu memberikan akurasi nilai suhu yang jauh lebih tepat. Selain itu, ia juga memiliki desain yang jauh lebih modern dengan bentuk yang sangat praktis untuk digunakan atau dibawa kemana saja.
Prinsip kerja Termometer Digital.
Termometer digital, biasanya menggunakan termokopel sebagai sensornya untuk membaca perubahan nilai tahanan. Secara sederhana termokopel berupa dua buah kabel dari jenis logam yg berbeda yang ujungnya, hanya ujungnya saja, disatukan (dilas). Titik penyatuan ini disebut hot junction. Prinsip kerjanya memanfaatkan karakteristik hubungan antara tegangan (volt) dengan temperatur. Setiap jenis logam, pada temperatur tertentu memiliki tegangan tertentu pula. Pada temperatur yang sama, logam A memiliki tegangan yang berbeda dengan logam B, terjadilah beda tegangan (kecil sekali, miliVolt) yang dapat dideteksi. Jadi dari input temperatur lingkungan setelah melalui termokopel terdeteksi sebagai perbedaan tegangan (volt). Beda tegangan ini kemudian dikonversikan kembali nilai arusnya melalui pengkomparasian dengan nilai acuan dan nilai offset di bagian komparator, fungsinya untuk menerjemahkan setiap satuan amper ke dalam satuan volt kemudian dijadikan besaran temperatur yang ditampilkan melalui layar/monitor berupa seven segmen yang menunjukkan temperatur yang dideteksi oleh termokopel.
             
             6.  Termometer Timpani
Termometer digital telinga, juga disebut termometer timpani, menggunakan sinar inframerah untuk mengukur suhu di dalam saluran telinga. Bila diposisikan dengan benar, termometer digital telinga cepat dan akurat. Termometer ini cocok bagi bayi usia 3 bulan ke atas, anak-anak yang lebih tua, dan orang dewasa. Namun tidak dianjurkan untuk bayi yang baru lahir. Pastikan telinga Anda bersih sebelum diperiksa suhunya. Karena kotoran telinga bisa mengganggu akurasi suhu. Perlu diingat bahwa kotoran telinga atau saluran telinga yang melengkung dapat mengganggu keakuratannya.

No comments:

Post a Comment