Thursday 24 January 2019

Cara Menggunakan Review Comparasi Pada Ms. Word


Plagiarisme merupakan suatu pelanggaran dalam membuat suatu karya tulis. Banyak diantara civitas akademik yang terjebak dalam perihal plagiarisme. Selain dalam perihal publikasi ilmiah, pelanggaran plagiarisme juga sering merambah dalam kalangan mahasiswa terutama dalam membuat makalah ataupun laporan praktikum. Tentunya hal ini tidak baik jika tetap dibiarkan tanpa penyelesaian. Bagi beberapa dosen, untuk memberikan nilai pada tugas makalah ataupun laporan praktikum terkadang tidak memperhatikan faktor plagiarisme ini. Terutama, pada kasus plagiarisme dengan teman sebaya.
Kasus plagiarisme dengan mencatut sumber yang telah dipublikasikan memang lebih mudah dibandingkan dengan kasus plagiarisme dengan teman sebaya. Dengan bantuan software dan platform online seperti turnitin, plagiarisme checker, grammarly dan lain sebagainya akan menunjukan tingkat kemiripan dan kesamaan hasil karya mahasiswa tersebut. sedangkan untuk kasus plagiarisme kepada teman secara spesifiik belum ada software dan platform yang bisa mendeteksi.
Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan fungsi menu review pada Ms.Word. Pada menu review terdapat fitur comparasi yang memungkinkan Ms. Word membandingkan tingkat kesamaan dan perbedaan karya antar mahasiswa. Tentunya dengan meminta softfile dari laporan dan makalah mereka. Untuk menggunakan fitur ini terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan, diantaranya:
1.      Menyiapkan file yang akan di koreksi secara softfile dan harus dalam ekstensi .doc atau .docx
2.      Membuka halaman awal Ms. Word.
3.      Buka menu Review dan pilih sub menu compare. Pastikan kalian memilih sub menu compare.
4.      Masukan documen yang akan dibandingkan.
5.      Dan hasilnya adalah sebagai berikut

Fitur ini mampu mendeteksi konten-konten yang sama dan berbeda diantara kedua file yang dikomparasikan. Sederhananya, bagian yang “dicoret” merupakan naskah yang berbeda dan bagian yang tidak dicoret adalah naskah yang sama. Tingkat akurasi yang diberikan memanglah belum 100% akurat, akan tetapi, dengan mengoptimalkan fitur ini kita dapat menentukan dosen ataupun guru dapat melihat mana siswa/mahasiswa yang benar-benar mengerjakan tugas sebagai mana diperintahkan atau hanya mengcopy tugas dari temannya. Sedikit berbagi pengalaman, fitur ini saya gunakan untuk memeriksa laporan praktikum mahasiswa dan cukup membantu dalam menilai laporan menjadi lebih objektif.
Selamat mencoba.

Salam Literasi.

Rizki Zakwandi

No comments:

Post a Comment