Monday 28 August 2017

Keragaman



Keragaman
Oleh : Rizki Zakwandi
            Keragaman merupakan hasil dari perbedaan yang tercipta, baik itu perbedaan dari segi jasmani ataupun rohani. Perbedaan dari segi rohani yang paling nyata adalah adanya jenis kelamin laki-laki dan perempuan, orang yang bertubuh besar dan kecil, tinggi dan rendah dan lain sebagainya. Secara rohani perbedaan yang muncul adalah dari segi kepercayaan, agama, aspek psikis, mental dan sebagainya.  
            Dalam perspektif ilmu social, yang dikaji pada pembahasan tentang keragaman adalah bangsa, ras, agama, budaya, ideology. Keragaman bangsa dihasilkan dari jejak sejarah nenek moyang suatu bangsa, Indonesia lahir dari keturunan suku melayu dengan demikian Indonesia merupakan bangsa yang berakarkan melayu. Keragaman ras lahir dari faktor genetic nenek moyang, keragaman agama lahir dari kepercayaan akan tuhan, keragaman budaya lahir dari interaksi manusia dengan lingkungan sekitar dan keragaman ideology lahir pemahaman antara kelompok manusia itu sendiri.
         
   Keragaman sendiri dilihat dari akar kata berasal dari kata ragam yang artinya tingkah, laku, ulah dan keberagaman sendiri memiliki arti perihal beragam ragam, perihal berjenis jenis, perihal ragam, perihal jenis (KBBI Offline).
Faktor pembentuk keragaman
-          Lingkungan
Lingkungan tidak bisa terlepad dari faktor pembentuk keragaman karena lingkungan merupakan tempat dimana manusia itu berinteraksi dengan alam. Sebagai tempat interaksi manusia sebagian besar kebudayaan dan tingkah laku manusia itu akan dipengaruhi oleh lingkungan. Lingkungan yang kompetitif akan menghasilkan masyaakat yang kompetitif dan hal ini akan menjadi suatu keragaman dalam hal kebiasaan masyarakat, antara kelompok masyarakat yang kompetitif dengan kelompok masyarakat yang terkesan santai.
-          Pertemuan bangsa bangsa
Secara langsung pertemuan bangsa tidak akan menghasilkan keragaman. Akan tetapi keragaman dapat diukur apabila adanya perbedaan dan perbedaan tersebut terlihat apabila dua bangsa yang berbeda bertemu. Sebagai contoh, masyarakat Indonesia tidak akan dikatakan beragam apabila masyarakat sunda yang senang membangun daerah tidak bertemu dengan masyarakat minang yang suka merantau.
-          Ras
Sebagaimana yang kita bahas sebelumnya bahwa salah satu bentuk keragaman adalah keragaman ras. Ras selain merupakan bentuk keragaman juga merupakan faktor pembentuk keragaman itu sendiri. Di dunia ini terapat beberapa jenis ras diantaranya ras mongoloid, ras negroid, ras kaukasoid dan ras khusus. Secara geografis Indonesia tergolong ras mongoloid yang merupakan bangsa berkulit kuning dan berdiam di asia. Sebagai bangsa kulit kuning Indonesia memiliki ciri masyarakat yang lincah bergerak dan bertubuh kecil, hal ini tentu berbeda dengan bangsa afrika yang berras negroid yang berkulit hitm dan berbadan kekar. Sehingga bangsa afrika memiliki tenaga yang lebih kuat dan kebiasaan bekerja dengan otot yang lebih.
-          Kepercayaan yang kuat dan mengakat
Sebagai salah satu faktor yang memungkinkan manusia untuk berkelompok maka kepercayaan juga menjadi salah satu faktor pembentuk keragaman. Keragaman yang dihasilkan dari kepercayaan terlihat pada banyaknya jenis dari agama yang ada di dunia ini. Di Indonesia sendiri tercatat ada enam agama resmi yang diakui oleh pemerintah yakni Islam, Kristen proestan, Kristen khatolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Keenam agama diatas menjadikan Indonesia beragam dari segi agama

Dampak keragaman
a.       Dampak positif
1) Melatih untuk saling menghormati; 2) Menambah kekayaan bangsa dari segi kebudayaan, agama; 3) Melatih untuk saling bertoleransi; 4) Melatih jiwa nasionalisme dengan meyakini bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa bersama dan harus dijaga bersama; 5) Sebagai alat refleksi antar satu kelompok dengan kelompok lain dengan mengambil nilai positif dari kelompok lain
b.      Dampak negative
1) Sering terjadi perkelahian antar kelompok; 2) Munculnya sikap menang sendiri dengan menganggap kelompok lain lebih rendah; 3) Adanya isu SARA; 4) Munculnya egoism; 5) Munculnya pesaingan
Rujukan
KBBI Offline
Perkembangan budaya bangsa.pdf

No comments:

Post a Comment