Thursday 27 September 2018

JANGKA SORONG DAN BAGIANNYA

                                       
JANGKA SORONG DAN BAGIANNYA
Oleh: Rizki ZAkwandi, dkk
      Pengertian
Jangka sorong (vernier caliper) adalah suatu alat ukur panjang yang dapat digunakan untuk mengukur panjang suatu benda dengan ketelitian hingga 0,1 mm. Alat ukur ini mempunyai banyak sebutan misalnya jangka sorong, jangka geser, mistar sorong, mistar geser, schulfmaat atau vernier caliper.
Kegunaan jangka sorong adalah dapat digunakan untuk mengukur ketebalan, mengukur diameter luar, diameter dalam maupun mengukur kedalaman suatu benda.
       Bagian dan Fungsi Jangka Sorong


1.      Rahang dalam
Terdiri dari rahang geser dan rahang tetap. Rahang dalam memiliki fungsi untuk mengukur dimensi luar atau sisi bagian luar sebuah benda misal tebal, lebar sebuah benda kerja.
2.      Rahang luar
Terdiri dari rahang geser dan rahang tetap. Rahang luar memiliki fungsi untuk mengukur diameter dalam atau sisi bagian dalam sebuah benda misalnya diamater hasil pengeboran.
3.      Depth probe atau pengukur kedalaman
Seperti namanya bagian ini mempunyai fungsi untuk mengukur kedalaman sebuah benda.

4.      Skala Utama (dalam cm)
Skala utama dalam bentuk satuan cm memiliki fungsi untuk menyatakan ukuran utama dalam bentuk centimeter (cm).
5.      Skala utama (dalam inchi)
Skala utama dalam bentuk satuan inchi memiliki fungsi untuk menyatakan ukuran utama dalam bentuk inchi.
6.      Skala nonius (dalam mm)
Skala nonius dalam bentuk milimeter berfungsi sebagai skala pengukuran fraksi dalam bentuk mm.
7.      Skala nonius (dalam inchi)
Skala nonius dalam bentuk inchi berfungsi sebagai skala pengukuran fraksi dalam bentuk inchi.
8.      Pengunci
Mempunyai fungsi untuk menahan bagian-bagian yang bergerak saat berlangsungnya proses pengukuran misal rahang dan Depth probe.
      Prinsip Kerja Jangka Sorong


Prinsip utama menggunakan jangka sorong adalah apabila kunci yang terdapat pada jangka sorong dilonggarkan, maka papan skala nonius dapat digerakkan sesuai keperluan. Dalam kegiatan pengukuran objek yang hendak diukur panjangnya atau diameternya maka objek akan dijepit diantara 2 penjepit (rahang) yang ada pada jangka sorong.
Panjang objek dapat ditentukan secara langsung dengan membaca skala utama sampai sepersepuluh cm (0,1cm) kemudian menambahkan dengan hasil pembacaan pada skala nonius sampai seperseribu cm (0,001cm).
     Cara Merawat Jangka Sorong
1.      Sebelum dan sesudah pemakaian, alat ukur harus selalu dibersihkan. Bila selesai pemakaian beri sedikit vaselin dan disimpan lagi ke tempat semula.
2.      Mur/baut pengunci hendaknya dijaga jangan sampai lepas atau hilang.
3.      Pakailah kain panas/strimin sebagai tempat alat ukur.
4.      Setelah pemakaian masukkan jangka sorong dalam kotak jangka sorong dan simpan di tempat yang telah disediakan. 


E.     Cara Mengukur Ketebalan Menggunakan Jangka Sorong
Contohnya kita dapat mengukur ketebalan buku, ketebalan penggaris, ketebalan lempengan dan benda lainnya. Cara mengukurnya sebagai berikut:
1.      Membuka rahang jangka sorong dengan cara mengendorkan sekrup pengunci, menggeser rahang geser jangka sorong ke kanan sehingga benda yang diukur dapat masuk diantara kedua rahang (antara rahang geser dan rahang tetap).
2.      Letakkan benda yang akan diukur diantara rahang.
3.      Menggeser rahang gerser ke kiri hingga benda yang diukur terjepit oleh rahang sekaligus mengunci sekrup pengunci.
4.      Membaca hasil pengukuran.
F.      Cara Mengukur Diameter Luar Menggunakan Jangka Sorong
Contohnya kita dapat mengukur diameter luar koin, kelereng dan lain-lain. Cara mengukurnya sebagai berikut:
1.      Membuka rahang jangka sorong dengan cara mengendorkan sekrup pengunci, menggeser rahang geser jangka sorong ke kanan sehingga benda yang diukur dapat masuk diantara kedua rahang (antara rahang geser dan rahang tetap).
2.      Letakkan benda yang akan diukur diantara rahang.
3.      Menggeser rahang gerser ke kiri hingga benda yang diukur terjepit oleh rahang sekaligus mengunci sekrup pengunci.
4.      Membaca hasil pengukuran.
     Cara Mengukur Diameter Dalam Menggunakan Jangka Sorong
Contohnya kita dapat mengukur diameter dalam cincin, leher tabung reaksi, selang, diameter dalam pipa dan lain-lain. Cara mengukurnya sebagai berikut:
1.      Memutar pengunci ke kiri ( mengendurkan sekrup pengunci).
2.      Menggeser rahang geser jangka sorong sedikit kekanan.
3.      Meletakkan benda yang akan diukur sehingga kedua rahang atas jangka sorong masuk ke dalam tersebut.
4.      Menggeser rahang geser kekanan sehingga kedua rahang jangka sorong menyentuh kedua dinding dalam yang diukur dan mengunci sekrup pengunci.
5.      Membaca hasil pengukuran.
     Cara Mengukur Kedalaman Menggunakan Jangka Sorong
Contohnya kita dapat mengukur kedalaman tabung reaksi, botol, dan lain-lain. Cara mengukur nya sebagai berikut:
1.      Meletakkan benda yang akan diukur dalam posisi berdiri tegak.
2.      Memutar jangka (posisi tegak) kemudian meletakkan ujung jangka sorong ke permukaan tabung yang akan diukur dalamnya.
3.      Menggeser rahang geser kebawah sehingga ujung batang pada jangka sorong menyentuh dasar tabung.
4.      Mengunci sekrup pengunci.
5.      Membaca hasil pengukuran. 
I.       Aplikasi dan Teknologi Terbaru Jangka Sorong
Pengembangan teknologi telah mengantarkan manusia untuk menjelajahi konsep ruang dan waktu. Sesuatu yang dulunya mustahil untuk dilakukan kini telah menjadi kenyataan. Salah satunya yakni menentukan nilai dari diameter bumu, matahari, planet planet dan kedalaman dari suatu laut yang sangat dalam. Berkaitan dengan pembahasan kali ini yaitu pembahasan mengenai jangkar sorong yang memiliki beberapa fungsi siantaranya yaitu menentukan diameter luar benda, diameter dalam benda dan kedalaman dari suatu lubang.
1.      Menghitung Diameter Planet
Meskipun secara aplikasi antara jangkar sorong dengan pengukuran diameter planet sangat mirip akan tetapi dalam penghitungan diameter planet dan bintang sama sekali tidak menggunakan jangkar sorong raksasa. Cara pengukuran diameter planet-planet adalah dengan memanfaatkan putaran bumi saat mengelilingi matahari yang menghasilkan suatu sudut kecil (sudut paralaks) terhadap planet-planet terdekat. Sudut paralaks adalah sudut yang digunakan untuk memandang suatu objek secara bulatan penuh. Sebagai contoh, dengan menggunakan spectrometer kita mengetahui jarak antara bumu dan bulan sebesar 389.706 km. dan sudut paralaks bulan sebesar 1,980, maka diameter bulan adalah 389.706 (57 x 1,98) ≡ 3453 km (Aproximasi)

2.      Menghitung Kedalaman Laut
Menghitung kedalaman juga merupakan suatu fungsi dari jangka sorong. Sekali lagi meskipun pembahasan mengenai pengukuran kedalaman laut merupakan bagian dari fungsi jangka sorong akan tetapi kita tetap tidak menggunakan jangka sorong untuk mengukur kedalaman laut tersebut. Kedalaman laut diukur dengan menggunakan metode yang disebut dradloading dan Echoloading. Diantara kedua teknik pengukuran diatas  yang mirip dengan prinsip jangka sorong ialah dradloading yakni menjatuhkan seutas tali dengan pemberat kedalam laut dan kemudian mengukur panjang tali saat pemberat menyentuh dasar laut. Akan tetapi pengukuran ini kurang efektif karena sangat diprngaruhi oleh kondisi dasar laut dan juga arus laut yang tergolong deras. Sedangkan metode kedua Echoloading menggunakan prinsip gelombang pantul. Gelombang dengan frekuensi tertentu di tembakkan ke dasar laut dan Ireceiver bersiap untuk menerima gelombang pantul. Selisih waktu itulah yang akan menjadi dasar perhitungan kedalaman laut.
                       
3.      SNAP N GRIP
Snap n Grip adalah inovasi terbaru dari dunia perbengkelan. Mengalahkan kunci inggris Snap n Grip juga mampu memutar sebuah baut tanpa drat. Prinsip yang diterapkan dalam alat Snap n Grip sebenarnya mirip dengan jangka sorong dimana diameter luar benda menjadi patokan/prospek utama dalam menentukan ukuran baut. Langkah kerja dari alat ini adalah menyesuaikan ukuran objek yang akan dikunci (untuk diputar) dengan dua pilinan seperti fungsi dari rahang pada jangka sorong. Akan tetapi bedanya pada snap n gird tidak dilengkapi skala seoerti halnya jangka sorong.
                                                                           

       Referensi

No comments:

Post a Comment