I.
Identitas
Buku
Judul
buku : Prosedur Penelitian, suatu
pendekatan praktek
Pengarang : DR. Suharsimi Arikunto
Penerbit : Rineka Cipta Jakarta
Tahun
terbit : 1993
Cetakan
ke : 9
Ukuran
buku : 145 x 270 mm
Tebal
buku : 348 halaman
II.
Tentang
penulis
DR.
Suharsimi Arikunto adalah seorang dosen di FIP-IKIP Yogyakarta dan sekarang
bernama________. Sebelumnya beliau juga pernah merintis karir menjadi guru di
sekolah pendidikan guru ( SPG ) dan juga menjabat sebagai staf peneliti di
pendidikan FIP-IKIP Negri Yogyakarta. Disamping bekerja sebagai tenaga pendidik
ia juga pernah bekerja sebagai anggota penyusun kurikulum sekolah
pembangunan, anggota tim penilai PSPB
selama 10 tahun, anggota tim penulis Mo-Dul dan anggota tim validasi proyek
PAMONG selama 5 tahun, anggota tim evaluasi re-PELITA III di bidang pendidikan,
anggot validasi teman sejawat, dan anggota penyusun kurikiulum IKIP Yogyakarta.
Ia menelesaikan pendidikan formalnya
sebagai sarjana muda di IKIP Bandung ( sekarang UPI ) pada tahun 1959 dan
melanjutkan ke jenjang sarjana di IKIP Yogyakarta pada tahun 1966. Ia kemudian
menyelesaikan pendidikan S3 di IKIP Jakarta(
) pada tahun 1983.
Disamping
pendidikan formal di Idonesia, beliau juga pernah menempuh pendidikan di
luarnegri diantaranya Educational Technologi di INNOTECH Singapore tahun 1973,
School Administration at Oklahoma State University USA tahun 1976, dan
Educational Reserch and Evaluation Training di Jakarta tahun 1977dan 1979.
III.
Pembahasan
Buku
Buku
yang berjudul Prosedur Penelitian, suatu pendekatan
praktek karangan DR. Suharsimi Arikunto adalah buku yang membahas tentang
tata cara penelitian mulai dari apa itu penelitian sampai ke-format penulisan
laporan penelitian di sediakan di dalam buku ini. Buku ini terdiri dari XVI bab
dengan 60 sub-bab dan di lengkapi dengan VIII lampiran. Kelebihan buku ini
adalah menyediakan contoh-contoh yang spesifik namun disajikan dengan bahasa
yang mudah dipahami. Disamping itu buku ini menjelaskan bagaimana tata cara
penelitian secara step by step dan
membuat si pembaca lebih mudah memahami langkah lankah penelitian yang harus ia
lakukan. Namun demikian, sebagian besar dari buku ini hanya membahas tata cara
penelitian pendidikan dan sangat sedikit memasukkan contoh-contoh penelitian
ilmiah yang bersifat scientific,akibatnya
orang yang hendak melakukan penelitian ilmiah diluar lingkup pendidikan harus
lebih kreatif dalam menyimpulkan isi buku ini.
IV.
Pembaca
buku
Berdasarkan
ulasan pendek tentang buku di atas, resensator menyarankan buku ini sangat
cocok di baca oleh seorang calon pendidik begitupun dengan tenaga pendidik.