Sunday 14 May 2017

resensi buku Prosedur Penelitian, suatu pendekatan praktek



      I.        Identitas Buku
Judul buku      : Prosedur Penelitian, suatu pendekatan praktek
Pengarang      : DR. Suharsimi Arikunto
Penerbit           : Rineka Cipta Jakarta
Tahun terbit     : 1993
Cetakan ke     : 9
Ukuran buku   : 145 x 270 mm
Tebal buku      : 348 halaman
    II.        Tentang penulis
DR. Suharsimi Arikunto adalah seorang dosen di FIP-IKIP Yogyakarta dan sekarang bernama________. Sebelumnya beliau juga pernah merintis karir menjadi guru di sekolah pendidikan guru ( SPG ) dan juga menjabat sebagai staf peneliti di pendidikan FIP-IKIP Negri Yogyakarta. Disamping bekerja sebagai tenaga pendidik ia juga pernah bekerja sebagai anggota penyusun kurikulum sekolah pembangunan,  anggota tim penilai PSPB selama 10 tahun, anggota tim penulis Mo-Dul dan anggota tim validasi proyek PAMONG selama 5 tahun, anggota tim evaluasi re-PELITA III di bidang pendidikan, anggot validasi teman sejawat, dan anggota penyusun kurikiulum IKIP Yogyakarta.  Ia menelesaikan pendidikan formalnya sebagai sarjana muda di IKIP Bandung ( sekarang UPI ) pada tahun 1959 dan melanjutkan ke jenjang sarjana di IKIP Yogyakarta pada tahun 1966. Ia kemudian menyelesaikan pendidikan S3 di IKIP Jakarta(     ) pada tahun 1983.
Disamping pendidikan formal di Idonesia, beliau juga pernah menempuh pendidikan di luarnegri diantaranya Educational Technologi di INNOTECH Singapore tahun 1973, School Administration at Oklahoma State University USA tahun 1976, dan Educational Reserch and Evaluation Training di Jakarta tahun 1977dan 1979.
   III.        Pembahasan Buku
Buku yang berjudul Prosedur Penelitian, suatu pendekatan praktek karangan DR. Suharsimi Arikunto adalah buku yang membahas tentang tata cara penelitian mulai dari apa itu penelitian sampai ke-format penulisan laporan penelitian di sediakan di dalam buku ini. Buku ini terdiri dari XVI bab dengan 60 sub-bab dan di lengkapi dengan VIII lampiran. Kelebihan buku ini adalah menyediakan contoh-contoh yang spesifik namun disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Disamping itu buku ini menjelaskan bagaimana tata cara penelitian secara step by step dan membuat si pembaca lebih mudah memahami langkah lankah penelitian yang harus ia lakukan. Namun demikian, sebagian besar dari buku ini hanya membahas tata cara penelitian pendidikan dan sangat sedikit memasukkan contoh-contoh penelitian ilmiah yang bersifat scientific,akibatnya orang yang hendak melakukan penelitian ilmiah diluar lingkup pendidikan harus lebih kreatif dalam menyimpulkan isi buku ini.
  IV.        Pembaca buku
Berdasarkan ulasan pendek tentang buku di atas, resensator menyarankan buku ini sangat cocok di baca oleh seorang calon pendidik begitupun dengan tenaga pendidik.