Thursday 23 October 2014

Cerita Motivasi

Ada 2 orang siswa papan bawah di sebuah sekolah,  anggap saja namanya popo dan toto. Popo duduk d kls 12 ipa yang siswanya punya keahlian di masing2 bidang study . juara 1 ahli fisika , 2 matematik , 3 kimia , 4 biologi ,5 sejarah , 6 quran hadits , 7 tafsir , 8 B . inggris , 9 B arab ,10 Hadis . Sedangkan toto duduk d kelas 12 ips yang setiap siswanya juga punya keahlian masing masing , juara 1 ahli geografi ,2 sosiologi , 3 ekonomi , 4 matematika , 5 sejarah , 6 quran hadis , 7 tafsir , 8 B.inggris ,9 B arab ,10 Hadis . Mereka berdua selalu mendapat rangking 11 di kelasnya alias terakhir.
Popo dan toto sangat senang taruhan, baik dalam hal pelajaran maupun hal prestasi, hingga akhirnya guru BK pun mengetahuinya dan memanggil mereka.Guru BK memberi mereka tantangan, yaitu teruhan dengan teman - teman sekelasnya, dan mereka pun menyanggupi. Tahap pertama mereka sama sama menantang anak juara 10 di kelasnya alhasil mereka sama2 kalah . Toto kemudian menantang anak rangking 9 sedangkan Popo masih menantang anak ranking 10 alhasil mereka masih tetap kalah tapi Popo sdah memperkecil jarak ketertinggalannya sedangkan Toto masih tertinggal jauh.
Selanjutnya Toto menantang anak juara 8 namun Popo masih menantang ank juara 10. Toto masih kalah sedangkan Popo sdah meimbangi nilai ank juara 10 .
begitulah seterusnya , ketika Toto telah menentang anak juara 1 dengan hasil tak pernah menang Popo baru sampai menantang anak juara 8 dengan catatan 2 kali menag, 2 kali imbang, dan 6 kali kalah.
Setelah itu mereka sama sama menghadap guru Bk dan menceritakan hasil mereka. Toto mengeluh dengan hasil tak pernah menangnya. kemudian guru Bk menanyainya, kenapa kamu tdk cba menantang orang yang sama untuk kedua kalinya seperti Popo ? toto menjawab " saya tdak mau masuk lubang yang sama untuk kedua kalinya buk"
kemudian guru BK bertanya kepada Popo. "kenpa kamu tidak menukar nukar lawanmu seperti Toto ? " "Jika saya menukar nukar lawan saya dengan hasil tak pernah penang berarti saya hanya mau di pecundangi , sekarang saya sudah berhasil mengalahkan 2 peringkt di atas saya, brarti saya bukan lagi rangking terakhir kan bu?"
Guru Bk hanya tersenyum, sedangkan toto terdiam karna merasa dirinya adalah pecundang.
Baca bacaannya bukan tulisannya !!!

No comments:

Post a Comment